PASANG IKLAN ANDA DI SINI

Kebiasaan minum yang baik untuk tulang

SUPER ADMIN Pada 2022-08-09T04:11:36.000Z

Ketika kita masih muda, tubuh membentuk tulang baru dan menggantikan kerusakan tulang lama lebih cepat. Seiring bertambahnya usia, tulang juga dapat mengalami penuaan, yang ditandai dengan penurunan kepadatan massa atau tulang. Selain usia, ada beberapa faktor yang tidak dapat dicegah terkait dengan penuaan tulang, yaitu jenis kelamin, riwayat keluarga dengan ukuran kerangka tubuh yang mempengaruhi kesehatan tulang.

Kabar baiknya, kita dapat memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dengan memperhatikan asupan makanan yang memasuki tubuh, termasuk apa yang kita minum.

Ini adalah kebiasaan minum yang mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah penuaan.

1. Minum susu yang kaya akan protein atau susu alternatif

Minum susu adalah salah satu langkah bagus untuk memberikan nutrisi penting bagi tulang. "Susu fortifikasi dan susu alternatif mengandung vitamin D, kalsium, dan protein untuk mendukung kesehatan tulang," katanya. Susu yang dibentengi adalah susu sapi yang mengandung vitamin dan mineral tambahan yang tidak ditemukan dalam susu biasa.

Jika kita memiliki intoleransi laktosa atau bukan kipas susu sapi, cari susu alternatif yang juga mengandung vitamin tambahan dalam bentuk susu nabati seperti susu kedelai, susu gandum, susu beras, susu kelapa, dan susu almond. Dunn menyarankan makan kefir yang kaya akan probiotik, jika Anda tidak suka susu benteng atau susu alternatif.

2. Tambahkan susu ke dalam minuman smoothie

Bagi mereka yang mengalami kesulitan minum susu secara langsung, Dunn merekomendasikan untuk menambahkan susu ke smoothie untuk membantu menjaga tulang tetap sehat. Produk susu seperti susu rendah lemak, yogurt, dan susu kedelai yang digabungkan adalah sumber kalsium, vitamin D, dan protein yang baik untuk mengembangkan tulang yang kuat.

Protein membentuk sekitar 50 persen volume tulang dan sekitar sepertiga dari massa tulang. Protein adalah nutrisi utama untuk membangun kesehatan tulang. Makan susu yang kaya protein dapat membantu kita mencegah keropos tulang atau osteoporosis.

3. Makan sayuran berdaun hijau

Ada cara lain untuk mendapatkan asupan kalsium jika kita bukan kipas susu, yaitu makan sayuran daun hijau. "Bayam dan sayuran daun hijau lainnya adalah sumber kalsium yang baik," kata Dunn. Dia merekomendasikan untuk menambahkan bayam ke smoothie. Bayam tidak terasa begitu dicampur dengan bahan -bahan lain, tetapi kita masih bisa mendapatkan manfaat nutrisi dari sayuran ini.

Bayam memiliki kandungan tinggi senyawa oksalat yang mengikat kalsium. Senyawa ini memiliki potensi untuk menyebabkan batu ginjal. Sebagai bayam alternatif, sayuran daun hijau lain yang dapat ditambahkan ke makanan adalah bayam air. Kale setengah porsi (100 miligram) mengandung 254 miligram kalsium, atau sekitar 10 persen dari asupan kalsium harian. Sayuran ini termasuk sumber kalsium yang sangat baik untuk ditambahkan ke smoothie selain bayam.

4. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan

Buah -buahan, bekerja untuk menyeimbangkan pencernaan yang mendukung tingkat pH yang seimbang, sehingga dapat membantu mempertahankan kadar kalsium. Salah satu buah yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan tulang adalah prem (prune). Makan sekitar 6-12 prem per hari dapat membantu mengurangi gangguan peradangan yang dapat memicu keropos tulang pada wanita pascamenopause. Alternatif lain adalah minum jus jeruk yang diperkenalkan kalsium sekitar 350 miligram, atau sekitar 25 persen dari kebutuhan gizi harian. Jus jeruk juga mengandung vitamin C, nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan tulang.